Wednesday, January 20, 2016

experience

Assalamu'alaykum wr wb...

#monday.lesson
Kalau sudah punya tekad, fokus dan sungguh-sungguh dalam merealisasikannya insya Allah hasilnya pun baik. Alhamdulillah, semoga ngga sia-sia ya Allah, aamiin.. walaupun ada hal lain yang dikorbankan, tapi memang menurutku memperjuangkan salah satu itu lebih baik daripada ngga ada sama sekali, ya memang kalau bisa semua kenapa ngga, tapi ngga papa, sudah alhamdulillah. Meskipun yang aku kerjakan belum urgent tapi ternyata bermanfaat, bisa bermanfaat saat dibutuhkan tiba-tiba hari ini juga :"

#tuesday.lesson
Sabar dan syukur. 2 mata kehidupan yang harusnya kita lakukan. Aku benar-benr baru paham maksud sabar dan syukur ini. Sabar maksudnya saat kesulitan, kita tetap menerima keadaan itu. Syukur disaat kita diberi kemudahan, kita memanfaatkan betul apa yang kita punya. Manfaatkan apapun yang kita punya. Tiba-tiba ibu ayah keingetan toefl buat mas Iqbal, berhubung cari kerja itu butuh skor toefl yang tinggi, jadi ayah ibu berniat untuk meleskan mas Iqbal di lia. Denger cerita itu, aku jadi pengen ikit lia juga. Aku kangen les b.ing lia dulu SMP, SMA. udaah lama banget rasanya. Akhirnya hari ini aku cari lia yg jadwalnya bisa menyesuaikan jadwalku juga. Ternyata aku memilih lia imam bonjol. Sebenernya aku mau dibarengin sama mas Iqbal di lia tembalang, tapi berhubung mas Iqbal ngga mau kalau didaftarin sama ibu dan aku, akhirnya aku lia yang deket aja, biar mas Iqbal daftar sendiri, lagipula biar ada tanggungjawab buat les nantinya kerena kalau ibu yang daftarin mungkin nanti mas Iqbal ngga ngerasa punya tanggungan (seenaknya sendiri). Aku dateng ke lia veteran dulu, aku maunya sabtu jam 1 sampe jam 5 karena jadwalku yang kosong itu dan memang pernah juga waktu SMP, SMA jadwalnya itu. Ternyata di lia veteran untuk kelas conversation kalau sabtu adanya jam 8-12. Aku disaranin buat ambil conversation soalnya kebutuhan toefl nya belum mendesak, jadi lebih baik converstion dulu. Sebenernya kalau hari biasa (senin rabu / selasa kamis), ada sih jam 7-9 malam tapi ibu kurang setuju karena aku biasanya pulang kampus itu cape trus langsung tidur, nanti kalo lia nya hari biasa aku malah ngga sempet belajar. Trus kami disaranin buat cek jadwal lia imam bonjol. Ternyata hasilnya pun sama. Hal yang membedakan adalah aku disaranin buat ambil kelas temporary hari biasa kalau aku sabtu ujian mid / akhir modul. Jadi tetep sabtu jam 8-12 tapi kalo ada ujian akhir atau mid modul, bisa ganti kelas untuk sementara dan ngga dikenai cas. Oh iya ya, sarannya solutif sekali. Akhirnya aku ambil jadwal seperti itu. Dan satu hal yang membedakan lia veteran dan lia imam bonjol, aku ngerasa deg degan sebelum masuk gedung lia imam bonjol. Ngga tau kenapa, deg degan aja. Deg degan ini muncul juga waktu aku milih SMA yang akhirnya jafi SMAku. Mungkin ini tanda kalau aku memang dipilihkan lia imam bonjol oleh Allah. :" ({}) so sweet banget cara Allah kasih tau aku :") berhubung besok sabtu aku ujian osce insya Allah, aku ambil selasa kamis dulu minggu ini. Sebenernya aku daftarnya udah telat 4 pertemuan tapi gpp :) mulailah les selasa malam ini. Aku berangkat sendiri, harus agak cepet dan hatihati ke lia berhubung waktunya udah mepet. 15 menit perjalananku sampe lia alhamdulillah. Sampe sana 7.03 malam. Alhamdulillah pengajarnya belum masuk ke kelas, ternyata muridnya yang lain juga masih di luar karena pindah ruangan jadi mau nunggu semua temennya, so sweet yaa :" trus selesai ngurusin daftar ulang, aku ke ruangan 202. aku ngga nunggu di bawah karenaa aku belum tahu pasti muridnya bener-bener yang di bawah atau bukan, akhirnya aku naik. akhirnya mereka pun naik, jam 7.15 les pun dimulai. selama les, aku belajar banyaaaaak banget dari sekeliling aku. Aku belajar budaya dan cara pandang orang luar negeri, misalnya mereka lebih menyukai kulit manusia berwarna gelap dibanding terang (putih), menurut mereka eksotis gitu. sulit juga buat memberi pandangan dan alasan kita lebih menyukai terang (putiih), kita bilang putih itu cenderung bersih. Mereka malah ngira kalau kita seneng putih itu menandakan tidak bekerja yang kotor-kotor, padahl bukan gitu maksud kita. mereka merasa lucu melihat kita orang sini kalau naik motor tutupan bener-bener biar ngga gelap kulitnya. sedangkan mereka malah buat toko yang memberi sinar mataahari buatan, dimana harga tiap 1 kali pemanasan mencapa ratusan euro :" Ya begitulah manusia, selalu tidak pernah merasa puas dengan apa yang dimiliki, selalu merasa rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri. sisi positif yang bisa ditiru darii orang luar ialah cara mereka menghargai orang lain. ngga kaya orang sini, kebanyakan kita menilai seseorang dari fisiknya aja, bukan dari apa yang ia berikan pada orang lain bisa berupa karya atau hasil buatan orang yang bersangkutan. keren ya, masya Allah :"
selain itu, untuk menyebutkan hitam itu bukan hitam tapi gelap. 
ada lagi, buat nyebutin nomer hp itu per 4 digit. maksudnya tiap nyebutin 4 digit, dijeda, trus benerbener 1 per 1 digitnya disebutin ngga boleh pake double, triple. That's it.
Aku juga belajar berinteraksi dengan orang yang beragam umur dan background dalam 1 kelas. ada yang adik tingkat di univ swasta di smrg, ada yang semester akhir, ada yang udah kerja, ada yang udah berumur 30 th. waaah nano nano di kelas ini, seru, alhamdulillah :)

#wednesday.lesson
Masya Allah, semoga bisa terus ditingkatkan dalam melakukan kebaikaaan :""" aamiin aamiin. Ayo kita berfastabiqul khairat :")

No comments:

Post a Comment