Wednesday, December 17, 2014

Apa itu HAI?


     HAI (Hospital Associated Infection) adalah infeksi pada seseorang yang dirawat setelah 48 jam di fasilitas pelayanan kesehatan atau setelah 3 hari keluar dari fasilitas pelayanan kesehatan, dan belum mengalami penyakit tersebut sebelumnya. Jadi, dapat dikatakan bahwa syarat HAI yaitu setelah dirawat 48 jam di fasilitas pelayanan kesehatan atau setelah 3 hari keluar dari fasilitas pelayanan kesehatan, dan belum mengalami penyakit tersebut sebelumnya. 

     Jenis-jenis HAI ada 4 yaitu SSI (Surgical Site Infection) atau , CAUTI (Catheter Associated Urinary Tract Infection) atau ISK (Infeksi Saluran Kemih), CRBSI (Central Venous Catheter Related Bloodstream Infection) atau , dan VAP (Ventilator Associated Pneumonia) atau .

     Penyebab HAI ada 2 macam yaitu endogenous dan exogenous. Endogenous maksudnya adalah HAI bersumber dari dalam diri pasien sendiri, sedangkan exogenous adalah HAI yang bersumber dari luar diri pasien seperti lingkungan rumah sakit, perawat, dokter, dan alat-alat rumah sakit.

     Transmisi (penularan) HAI exogenous dapat melalui hubungan langsung dan tidak langsung. Hubungan langsung maksudnya adalah infeksi yang tertular tanpa perantara atau langsung dari agent atau penderita ke host atau calon penderita lain seperti misalnya penularan melalui sentuhan tangan. Sedangkan hubungan tidak langsung adalah penularan infeksi melalui perantara tertentu. Penularan tidak langsung ini terbagi menjadi beberapa macam diantaranya droplet / percikan yaitu penularan infeksi melalui percikan kurang dari 1 meter dan airborne yaitu penularan infekssimelalui udara lebih dari 1 meter.

     HAI itu dapat disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, ataupun parasit. Bakteri berdasarkan bentuknya dibedakan menjadi 4 yaitu bentuk coccus, basil, spiral, dan comma. Bakteri coccus dibedakan menjadi bakteri diplococcus (2 bulatan), streptococcus (banyak bulatan memanjang), staphylococcus (banyak bulatan menggerombol). Contohnya Streptococcus pneumonia dan Staphylococcus aureus. Contoh bakteri bakteri basil (batang) adalah Bacillus anthracis, Bacillus subtilis, Bacillus cereus, Mycobacterium tuberculosis. Contoh bakteri spiral adalah Treponema pallidum, ebola. Contoh bakteri comma adalah Vibrio cholera.

     Dampak HAI adalah :
  • Lama perawatan di fasilitas pelayanan kesehatan semakin lama
  • Biaya yang dikeluarkan semakin banyak
  • Angka kematian, kesakitan, dan kecacatan meningkat
  • Pendapatan fasilitas pelayanan kesehatan menurun
  • Produktivitas fasilitas pelayanan kesehatan menurun
  • Mutu dan citra fasilitas pelayanan kesehatan menurun
  • Munculnya tuntutan hukum
   
     Cara mencegah HAI adalah :
  • Melaksanakan Audit
  • Melaksanakan Monev (Monitoring Evaluation)
  • Melaksanakan PPI (Pengendalian dan Penanggulangan Infeksi) 
 
Sampai disini dulu ya teman-teman, tambahannya mungkin nanti :)
Terima kasih kepada dr. Ridho yang telah memberi ilmu kepada Radix 2014 tentang HAI Desember 2014.

No comments:

Post a Comment